Sejarah Budaya bangsa Indonesia mulai dari Zaman Prasejarah Hingga Sekarang

About Blog Historikultur

Sebelum menginjak pada topik posting secara inti, alangkah baiknya jika saya jelaskan terlebih dahulu apa, bagaimana dan isi seputar blog historikultur.blogspot.com

Berikut ini isi atau konten ringkas yang nantinya akan disajikan blog ini kedepannya :

A. Pendahuluan

Dalam posting ini, akan dijelaskan tentang definisi ilmu sejarah secara umum dan ruang lingkup sejarah budaya Indonesia yang meliputi zaman Prasejarah dan Zaman Sejarah.

B. Pengertian Dasar Kebudayaan

Berisi tentang pengertian kebudayaan dan hal yang terkait lainnya seperti kesenian, kepribadian dan peradaban. Selain itu, akan dipaparkan pula arti kata kebudayaan dan definisi kebudayaan yang diambil dari berbagai sumber. Ada pula topik lain yang berkaitan dengan kebudayaan seperti hubungan antara kebudayaan dan masyarakat, bentuk-bentuk kebudayaan dan perubahan kebudayaan serta faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut.

C. Budaya Indonesia pada Zaman Prasejarah

Pada topik ini akan dibahas atau diuraikan perihal peninggalan-peninggalan pada zaman Prasejarah yang meliputi kebudayaan zaman Batu Tua, Batu Tengah, Batu Baru dan Batu logam yang disertai dengan penjelasan kebudayan yang timbul pada masing-masing zaman tersebut. Demikian pula ada uraian tentang nenek moyang manusia pendukung dari kebudayaan-kebudayaan zaman Prasejarah serta kehidupan manusia pada zaman Prasejarah di Indonesia.

D. Budaya Indonesia Zaman Kuno

Menjelaskan tentang dasar atau latar belakang timbulnya kebudayaan zaman kuno di Indoensia. Adanya hubungan dengan Asia Tenggara, Selatan dan Timur, tentang akibat-akibat dari hubungan dan pengaruh yang diperoleh serta bagaimana sikap nenek moyang bangsa Indonesia menerapkan pengaruh-pengaruh dari luar itu disesuaikan dengan kepribadiannya

E. Budaya Indonesia Pada Zaman Madya

Pada Zaman Maydya, bangsa Indonesia mendapat pengaruh dari Asia Barat berupa agama dan kebudyaan Islam. Pengaruh itu datangnya dari Asia Selatan melalui jalur perdagangan.

Akibat pengaruh Islam, kebudayaan Indonesia mengalami perubahan-perubahan baru sehingga kebudayaan zaman Madya menghasilkan bentuk kebudayaan yang berbeda dengan zaman Kuni. tetapi, dasar-dasar kebudayaan yang sudah terbentuk pada zaman Neolitikum, Megalitikum, dan zaman Kuno (pengaruh Hindu) tetap bertahan pada zaman madya.

F. Budaya Indonesia pada Zaman Modern

Zaman Modern di Indonesia berasal dari pengaruh bangsa Eropa Barat. Bangsa Indonesia berhubungan dengan bangsa tersebut sejak sekitar tahun 1600. Tetapi Bangsa Indonesia menginjak zaman Modern baru sekitar tahun 1900, sebab bangsa Eropa sendiri menjadi bangsa modern baru sejak abad ke-19.

G. Peranan dan Usaha Pembinaan Kebudayaan.

Keanekaragaman kebudayaan Indonesia yang dimiliki aneka ragam suku-suku harus dibina, sehingga merupakan kesatuan yang sesuai dengan wawasan Nusantara, semboyan Bhineka Tunggal Ika, dan Pancasila. Pembinaan tersebut meliputi usaha pelestarian warisan budaya bangsa, pemeliharaan maupun usaha peningkatan mutu kebudayaan bangsa. Tanggung jawab usaha pelestarian, pemeliharaan dan peningkatan mutu tersebut tidak hanya terletak di pundak pemerintah saja, tapi semua bangsa Indonesia.

H. Budaya Daerah

Kebudayaan daerah yang beraneka ragam macam timbul akibat perkembangan kebudayaan suku yang juga beraneka ragam. Kebudayan-kebudayan suku itu telah berkembang sendiri karena faktor sejarah yang berbeda pada masa lalu. Di tiap-tiap daerah telah berkembang sistem budaya yang beraneka warna. Bentuk-bentuk budaya daerah itu meliputi bangunan, seni sastra, folklor, seni rupa, seni tulis, keanekaragaman perahu dan sebagainya.

Itulah konten atau topik dari blog historikultur yang akan dibahas pada posting-posting kedepan.
Tag : About Blog
0 Komentar untuk "About Blog Historikultur"

Back To Top