Sejarah Budaya bangsa Indonesia mulai dari Zaman Prasejarah Hingga Sekarang

Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkupnya

Ilmu Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa-peristiwa pada masa lampau yang benar-benar terjadi dan erat hubungannya dengan peristiwa yang terjadi di masa sekarang dan masa yang akan datang. Ruang lingkupnya tentu saja berkaitan dengan sejarah budaya Indonesia mulai dari zaman Prasejarah hingga sekarang (modern).

Sedangkan pengertian Sejarah dapat diartikan penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian. Secara bahasa atau harfiah, Sejarah berasal dari bahasa Arab (Syajarotun) yang artinya pohon. Dan dalam bahasa Arab sendiri, sejarah lebih populer dengan kata 'tarikh' yang berarti waktu atau penanggalan. Namun, banyak yang berpendapat, pengertian sejarah yang paling tepat mengacu kepada kata 'historia' yang merupakan bahasa Yunani, dan dalam bahasa Inggris disebut history.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ilmuwan

1. Francis Bacon

Francis Bacon menggunakan istilah histori pada akhir abad-16 ketika ia menulis tentang "sejarah alam". Menurutnya, historia adalah pengetahuan tentang obyek yang ditentukan oleh ruang dan waktu.

2. J.V Bryce

Sejarah adalah catatan yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia

3. Patrick Gardiner

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari  apa yang telah diperbuat oleh manusia

4. Roeslan Abdul Ghani
Adalah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan

5. Ibnu Khaldun
Menurut Ibu Khaldun, sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu. (sumber : Wikipedia)

Itulah beberapa pengertian tentang sejarah secara bahasa dan istilah umum yang diungkapkan oleh para ilmuwan. Adapun ruang lingkup sejarah yang dimaksud di blog ini erat kaitannya dengan budaya Indonesia seperti yang sudah saya gambarkan dalam all about blog historikultur.

Berikut ini ruang lingkup sejarah budaya Indonesia yang terbagi dalam beberapa zaman:
  1. Zaman Pra Sejarah, sejak permulaan adanya manusia dan kebudayaan sampai kira-kira abad V masehi
  2. Zaman Kuno, dimulai dari datangnya pengaruh Hindu pada awal tarikh masehi sampai runtuhnya kerajaan Majapahit pada abad ke-15
  3. Zaman Madya, sejak datangnya agama dan pengaruh Islam menjelang akhir zaman Majapahit sampai akhir abad ke-19
  4. Zaman Baru (Modern), sejak masuknya pengaruh Barat, dan teknik modern pada kira-kira tahun 1900 sampai sekarang
Untuk masing-masing poin di atas akan dibahas pada posting lain yang lebih spesifik di blog historikulur ini.
0 Komentar untuk "Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkupnya"

Back To Top